Minggu, 29 Juni 2014

MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

Pembelajaran  Inkuiri                                                                                                       
Materi  : Magnet
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.        Guru mengucapkan salam
2.        Guru mengajak siswa untuk berdoa
3.        Guru menanyakan kabar
4.        Guru melakukan presensi
5.        Guru memberikan motivasi kepada siswa
6.        Guru mengulang materi yang telah disampaikan pada pembelajaran kemarin
7.        Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan tersebut

Inti
1.        Guru memperkenalkan apa itu magnet
2.        Guru bertanya apakah siswa pernah bermain dengan magnet
3.        Guru bertanya kepada siswa mengenai penggunaan magnet
4.        Guru menuliskan pertanyaan dipapan tulis mengenai benda apa saja yang dapat ditarik  atau ditolak magnet dan bahan  apa saja yang dapat ditarik atau ditolak magnet
5.        Siswa diminta untuk menuliskan jawaban sementara di buku
6.        Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok
7.        Siswa mencari pada sumber mengenai benda apa saja yang dapat ditarik/ditolak magnet dan bahan apa saja yang dapat ditarik/ditolak magnet.
8.        Dengan menggunakan alat peraga di setiap kelompok, siswa melakukan percobaan untuk mengetahui benda/bahan yang dapat ditarik/ ditolak magnet.
9.        Siswa mencatat hasil dari percobaan
10.    Masing-masing kelompok menyampaikan hasil kerja kelompok
11.    Guru bersama siswa mencocokkan hasil kerja kelompok dengan jawaban sementara

Penutup
1.        Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang telah disampaikan
2.        Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran yang didapat
3.        Guru memberikan evaluasi
4.        Guru melakukan penilaian mengenai pembelajaran yang telah dilakukan
5.        Guru membimbing siswa merefleksi kegiatan pembelajaran
6.        Guru mengadakan tindak lanjut dengan memberi tugas rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya









Pembelajaran Kontruktivisme
Materi  : Pesawat Sederhana
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.        Guru mengucapkan salam
2.        Guru mengajak siswa untuk berdoa
3.        Guru menanyakan kabar
4.        Guru melakukan presensi
5.        Guru memberikan motivasi kepada siswa
6.        Guru mengulang materi yang telah disampaikan pada pembelajaran kemarin
7.        Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan tersebut

Inti
1.      Guru memberikan pertanyaan kepada siswa mengapa jalan di pegunungan berkelok-kelok
2.      Guru mengenalkan berbagai macam pesawat sederhana
3.      Guru menjelaskan prinsip kerja tuas, katrol dan bidang miring.
4.      Guru membawa berbagai macam benda yang termasuk pesawat sederhana
5.      Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok
6.      Guru membimbing siswa dalam kelompok melakukan kegiatan untuk memilih benda benda apa saja yang termasuk ke dalam tuas, katrol dan bidang miring
7.      Masing-masing kelompok membacakan hasil diskusi yang telah dilakukan

Penutup
1.        Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang telah disampaikan
2.        Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran yang didapat
3.        Guru memberikan evaluasi
4.        Guru melakukan penilaian mengenai pembelajaran yang telah dilakukan
5.        Guru membimbing siswa merefleksi kegiatan pembelajaran
6.        Guru mengadakan tindak lanjut dengan memberi tugas rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya


Pembelajaran Keterampilan Proses Sains
Materi              :
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.        Guru mengucapkan salam
2.        Guru mengajak siswa untuk berdoa
3.        Guru menanyakan kabar
4.        Guru melakukan presensi
5.        Guru memberikan motivasi kepada siswa
6.        Guru mengulang materi yang telah disampaikan pada pembelajaran kemarin
7.        Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan tersebut

Inti
1.        Guru memberikan penjelasan mengenai tumbuhan monokotil dan dikotil
2.        Guru membimbing siswa untuk mengelompokkan tumbuhan monokotil dan dikotil berdasarkan informasi yang telah diberikan
3.        Siswa meramalkan dan membuat hipotesis tentang bentuk daun yang termasuk monokotil dan dikotil
4.        Siswa diajak keluar kelas untuk melakukan eksperimen dengan mengamati tumbuhan
5.        Siswa menuliskan tumbuhan apa saja yang ada di luar kelas berdasarkan cirri-cirinya
6.        Siswa membacakan hasilnya

Penutup
1.        Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang telah disampaikan
2.        Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran yang didapat
3.        Guru memberikan evaluasi
4.        Guru melakukan penilaian mengenai pembelajaran yang telah dilakukan
5.        Guru membimbing siswa merefleksi kegiatan pembelajaran
6.        Guru mengadakan tindak lanjut dengan memberi tugas rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya


0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.